Pembangunan kesehatan adalah bagian integral dari program pembangunan secara keseluruhan. Jika dilihat dari kepentingan masyarakat, pembangunan kesehatan masyarakat desa merupakan kegiatan masyarakat yang bertujuan meningkatkan kesehatan masyarakat melalui perbaikan status kesehatan. Jika dilihat dari kepentingan pemerintah, maka pembangunan kesehatan masyarakat desa merupakan usaha memperluas jangkauan layanan kesehatan baik oleh pemerintah maupun swasta dengan peran aktif dari masyarakat sendiri. Keberhasilan pelaksanaan pembangunan dalam bidang kesehatan sangat tergantung pada peran aktif masyarakat yang bersangkutan.Untuk itu Desa Gesikan melaksanakan Kegiatan Rutin Posyandu Balita setiap Bulan.

Dalam rangka menuju masyarakat yang adil dan makmur maka pembangunan dilakukan di segala bidang. Pembangunan di bidang kesehatan mempunyai arti yang penting dalam kehidupan nasional,khususnya didalam memelihara dan meningkatkan kesehatan. Untuk mencapai keberhasilan tersebut erat kaitannya dengan pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia sebagai modal dasar pembangunan nasional.

Hal ini merupakam suatu upaya yang besar sehingga tidak dapat dilaksanakan hanya oleh pemerintah melaikan perlu peran serta masyarakat. Untuk mempercepat angka penurunan tersebut diperlukan keaktifan peran serta masyarakat dalam mengelola dan memanfaatkan Posyandu karena Posyandu adalah milik masyarakat, dilaksanakan oleh masyarakat dan ditujukan untuk kepentingan umum

 

Kegiatan rutin Posyandu Balita Di Desa Gesikan dilaksanakan setiap bulannya di beberapa tempat antara lain sebagai berikut :

  1. Pos I Bertempat di Balai Desa Gesikan
  2. Pos II Bertempat di Rumah Bapak Sani RT 01 RW 03
  3. Pos III Bertempat di Rumah Bapak Karni RT 04 RW 03
  4. Pos IV Bertempat di Rumah Bu Napisah RT 01 RW 02
  5. Pos V Bertempat di Rumah Bapak Tomo RT 02 RW 05
  6. Pos VI Bertempat di Rumah Bapak Sukaji RT 05 RW 06

Diharapkan dengan adanya beberapa tempat pelayanan Posyandu Balita mampu mencangkup seluruh elemen masyarakat Desa Gesikan, Sehingga dapat tercapainya program desa.

 

Kader Kader Posyandu memberi pelayanan dengan penuh semangat dan keikhlasan demi membangun desa lebih maju dan sehat. Berikut adalah beberapa pelayanan yang dapat di peroleh dalam kegiatan rutin Posyandu Balita , Antara lain sebagai berikut :

  • Pemberian Gizi dan vitamin A
  • Pengisian Kohort Ibu dan Anak
  • Pengukuran Tinggi Badan
  • Pengukuran Berat Badan
  • Pemeriksaan Kondisi Ibu dan Anak

 

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?